Analisis McDonald’s Dengan Teori 7P
Product (The service)
McD memanfaatkan produknya dengan membuat berbagai macam burger yang
unik, menyiapkan menu untuk sarapan, bahkan menu untuk anak kecil, baru-baru
ini juga McD juga memasukan berbagai minuman kopi di daftar menunya, tentunya
dengan berbagai pilihan yang ada digunakan untuk menarik konsumen agar membeli
produk McD.
Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan
hal dengan penuh pertimbangan, karena penetapan harga akan mempengaruhi
pendapatan total dan biaya perusahaan. Harga merupakan faktor utama penentu
yang harus di putuskan sesuai dengan pasar sasaran serta pelayanan dan persaingan
yang ada. McD memberikan harga yang cukup terjangkau kepada pelanggannya,
dengan harga yang cukup terjangkau ini konsumen dapat mencoba berbagai produk
yang disediakan, dan dengan harga yang cukup terjangkau ini membuat konsumen
ingin kembali lagi ke McD.
Place
McD selalu memilih membuka cabang/outletnya ditempat yang strategis
seperti di mall, tengah perkotaan, dan tempat yang sering di lalui banyak
orang, karena tempat-tempat tersebut selalu ramai orang yang berpotensi menjadi
konsumen dari McD.
Promotion
McD menggelar berbakai macam promo untuk produknya, seperti membuat
paket hemat yang harganya lebih murah daripada kita membeli satuan, pada produk
happy meal untuk anak-anak McD memberi gratis mainan, dan baru baru ini McD
menggelar promo gratis satu gelas setiap pembelian paket tertentu, McD juga
melakukan promosi dengan cara mengiklankan produknya di televise, membuat
spanduk promosi, dll. tentunya ini semakin menarik minat konsumen untuk membeli
produk dari McD.
People
Dalam hal ini adalah karyawan dan karyawati McD merupakan hal penting dalam pelayanan kepada
konsumen, karena karyawan dan karyawati merupakan orang yang berinteraksi
langsung dengan konsumen. Mereka dituntut berperilaku sopan dan ramah terhadap
konsumen, sehingga konsumen akan merasa puas dan nyaman saat makan di McD. Pelayanan
yang baik pun dapat menjadi nilai tersendiri dimata konsumen, yang dapat
menaikan citra McD sendiri.
Process
Dalam hal ini McD melayani tiap konsumennya. Konsumen diharuskan
mengantri terlebih dahulu untuk dapat memesan. Kasir akan menanyakan apa yang
ingin dipesan dan berapa jumlah yang ingin dipesan, saat sudah memesan konsumen
tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan makanannya, karena McD adalah salah
satu restoran cepat saji, yang dalam menyajikan makanan dengan cepat tapi tetap
dengan rasa yang enak. Pembayaran pun dapat dilakukan disaat itu juga, McD juga
menyediakan berbagai macam jenis pembayaran. McD juga menyediakan layanan
Drive-Thru dan delivery. Layanan Drive-Thru adalah layanan memesan makanan
tanpa harus keluar dari kendaraan, biasanya disediakan jalur khusus untuk
Drive-Thru. Sedangkan layanan delivery adalah layanan pesan antar yang
memudahkan konsumen, jadi konsumen tidak perlu pergi ke McD untuk memesan
makanan yang diinginkan cukup telepon saja dan kurir akan mengantarkan pesanan
kita.
Physical Evidence
Bangunan merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi
persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan yang memiliki
karakter. McD memilik bangunan bercorak putih dengan sedikit aksen abu-abu dan
merah, tak lupa logo “M” khas McD. Ruangan didalamnya pun sangat nyaman,
terdapat toilet, ruangan indoor, dan outdoor. Fasilitasnya pun terbilang sangat
lengkap, bahkan dibeberapa outlet terdapat ruang khusus untuk anak-anak.
0 komentar:
Posting Komentar