CARA BERKOMUNIKASI YANG BAIK DAN BENAR
Komunikasi
adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak
kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal
yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal
yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan
menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum,
menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi
nonverbal.
Untuk mencapai komunikasi yang baik perlu dilakukan
dengan JEBPLES yaitu : jelas, benar, penuh pertimbangan, lengkap dan
singkat. Selain itu berkomunikasi hendaknya memperhatikan : 5 W & 1 H
(whom, who, what, when, where and how)
1. Whom : siapa yang
akan diajak berkomunikasi
2. Who : siapa yang akan
berkomunikasi
3. What : apa isi yang
tepat untuk berkomunikasi
4. When : kapan waktu
yang tepat untuk berkomunikasi
5. Where : dimana lokasi
yang tepat untuk mengkomunikasikan pesan
tersebut
6. How : bahasa, media,
style yang dipakai untuk berkomunikasi.
Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu bentuk dari
kecerdasan emosi (EQ, emotional quotient), banyak para psikolog percaya bahwa
EQ memiliki kontribusi yang lebih besar untuk meraih sukses dalam kehidupan
kita dibandingkan dengan kecerdasan otak (IQ, intelegent quotient). Menurut
Daniel Goleman dalam bukunya “Emotional Intelligence”. IQ hanya menyumbang
sekitar 20% sementara EQ member kontribusi sebesar 80% bagi kesuksesan kita.
Untuk memenangkan persaingan kita perlu trust dan belief.
Keduanya bisa didapatkan bila kita memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
Orang lain mengetahui kemampuan kita setelah mereka menyaksikan bukti nyata
melalui
1. Appearance : penampilan
2. Words : perkataan
3. Tone : nada bicara
4. Actions : apa yang anda lakukan
5. Behavior : bagaimana anda
melakukannya
6. Reaction of others :
respon orang lain kepada kita
7. Results : pencapaian atau prestasi
Jadi bila kita ingin sukses dibidang kita masing-masing,
maka kemampuan berkomunikasi yang baik adalah hal yang mutlak untuk dimiliki.
Dalam
presentasi pun kita dituntut dapat berkomunikasi dengan baik, agar apa yang
kita presentasi kan dapat sampai kepada audiens. Penggunaan Bahasa yang tepat
pun dapat memengaruhi bagus tidak nya kita berkomunikasi dalam presentasi, karena
kita juga harus menyesuaikan tempat, dimana kita berpresentasi, untuk siapa
kita berpresentasi, dan tentang apa kita berpresentasi. Dalam pemilihan kata
pun harus seefektif mungkin dan langsung mengena pada sasaran. Penguasaan materi
juga harus dilakukan agar saat audiens bertanya kita dapat dengan cepat
langsung menjawab.
Referensi
:
0 komentar:
Posting Komentar