WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 04 November 2015

Posted by Unknown | File under :

Analisis McDonald’s Dengan Teori 7P








Product (The service)




McD memanfaatkan produknya dengan membuat berbagai macam burger yang unik, menyiapkan menu untuk sarapan, bahkan menu untuk anak kecil, baru-baru ini juga McD juga memasukan berbagai minuman kopi di daftar menunya, tentunya dengan berbagai pilihan yang ada digunakan untuk menarik konsumen agar membeli produk McD.

Price




Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal dengan penuh pertimbangan, karena penetapan harga akan mempengaruhi pendapatan total dan biaya perusahaan. Harga merupakan faktor utama penentu yang harus di putuskan sesuai dengan pasar sasaran serta pelayanan dan persaingan yang ada. McD memberikan harga yang cukup terjangkau kepada pelanggannya, dengan harga yang cukup terjangkau ini konsumen dapat mencoba berbagai produk yang disediakan, dan dengan harga yang cukup terjangkau ini membuat konsumen ingin kembali lagi ke McD.

Place





McD selalu memilih membuka cabang/outletnya ditempat yang strategis seperti di mall, tengah perkotaan, dan tempat yang sering di lalui banyak orang, karena tempat-tempat tersebut selalu ramai orang yang berpotensi menjadi konsumen dari McD.

Promotion




McD menggelar berbakai macam promo untuk produknya, seperti membuat paket hemat yang harganya lebih murah daripada kita membeli satuan, pada produk happy meal untuk anak-anak McD memberi gratis mainan, dan baru baru ini McD menggelar promo gratis satu gelas setiap pembelian paket tertentu, McD juga melakukan promosi dengan cara mengiklankan produknya di televise, membuat spanduk promosi, dll. tentunya ini semakin menarik minat konsumen untuk membeli produk dari McD.

People




Dalam hal ini adalah karyawan dan karyawati  McD merupakan hal penting dalam pelayanan kepada konsumen, karena karyawan dan karyawati merupakan orang yang berinteraksi langsung dengan konsumen. Mereka dituntut berperilaku sopan dan ramah terhadap konsumen, sehingga konsumen akan merasa puas dan nyaman saat makan di McD. Pelayanan yang baik pun dapat menjadi nilai tersendiri dimata konsumen, yang dapat menaikan citra McD sendiri.

Process




Dalam hal ini McD melayani tiap konsumennya. Konsumen diharuskan mengantri terlebih dahulu untuk dapat memesan. Kasir akan menanyakan apa yang ingin dipesan dan berapa jumlah yang ingin dipesan, saat sudah memesan konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan makanannya, karena McD adalah salah satu restoran cepat saji, yang dalam menyajikan makanan dengan cepat tapi tetap dengan rasa yang enak. Pembayaran pun dapat dilakukan disaat itu juga, McD juga menyediakan berbagai macam jenis pembayaran. McD juga menyediakan layanan Drive-Thru dan delivery. Layanan Drive-Thru adalah layanan memesan makanan tanpa harus keluar dari kendaraan, biasanya disediakan jalur khusus untuk Drive-Thru. Sedangkan layanan delivery adalah layanan pesan antar yang memudahkan konsumen, jadi konsumen tidak perlu pergi ke McD untuk memesan makanan yang diinginkan cukup telepon saja dan kurir akan mengantarkan pesanan kita.

Physical Evidence



Bangunan merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan yang memiliki karakter. McD memilik bangunan bercorak putih dengan sedikit aksen abu-abu dan merah, tak lupa logo “M” khas McD. Ruangan didalamnya pun sangat nyaman, terdapat toilet, ruangan indoor, dan outdoor. Fasilitasnya pun terbilang sangat lengkap, bahkan dibeberapa outlet terdapat ruang khusus untuk anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman