WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 04 November 2015

Posted by Unknown | File under :

CARA BERKOMUNIKASI YANG BAIK DAN BENAR




Tidak dapat dipungkiri berkomunikasi yang baik dan benar adalah salah satu kunci kesuksesan dalam meniti karier. Berkomunikasi merupakan bagian terpenting dalam segala hal, berkomunikasi juga menjadi cara untuk menyampaikan ide-ide yang ada didalam pikiran kita. Berkomunikasi yang baik juga dapat membangun relasi kepada atasan maupun sesama rekan kerja.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.

Untuk mencapai komunikasi yang baik perlu dilakukan dengan JEBPLES yaitu : jelas, benar,  penuh pertimbangan, lengkap dan singkat. Selain itu berkomunikasi hendaknya memperhatikan : 5 W & 1 H (whom, who, what, when, where and how)
1. Whom : siapa yang akan diajak berkomunikasi
2. Who : siapa yang akan berkomunikasi
3. What : apa isi yang tepat untuk berkomunikasi
4. When : kapan waktu yang tepat untuk berkomunikasi
5. Where : dimana lokasi yang tepat untuk mengkomunikasikan pesan
                  tersebut
6. How : bahasa, media, style yang dipakai untuk berkomunikasi.

Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu bentuk dari kecerdasan emosi (EQ, emotional quotient), banyak para psikolog percaya bahwa EQ memiliki kontribusi yang lebih besar untuk meraih sukses dalam kehidupan kita dibandingkan dengan kecerdasan otak (IQ, intelegent quotient). Menurut Daniel Goleman dalam bukunya “Emotional Intelligence”. IQ hanya menyumbang sekitar 20% sementara EQ member kontribusi sebesar 80% bagi kesuksesan kita. 

Untuk memenangkan persaingan kita perlu trust dan belief. Keduanya bisa didapatkan bila kita memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Orang lain mengetahui kemampuan kita setelah mereka menyaksikan bukti nyata melalui
1. Appearance : penampilan
2. Words : perkataan
3. Tone : nada bicara
4. Actions : apa yang anda lakukan
5. Behavior : bagaimana anda melakukannya
6. Reaction of others : respon orang lain kepada kita
7. Results : pencapaian atau prestasi

Jadi bila kita ingin sukses dibidang kita masing-masing, maka kemampuan berkomunikasi yang baik adalah hal yang mutlak untuk dimiliki.

Dalam presentasi pun kita dituntut dapat berkomunikasi dengan baik, agar apa yang kita presentasi kan dapat sampai kepada audiens. Penggunaan Bahasa yang tepat pun dapat memengaruhi bagus tidak nya kita berkomunikasi dalam presentasi, karena kita juga harus menyesuaikan tempat, dimana kita berpresentasi, untuk siapa kita berpresentasi, dan tentang apa kita berpresentasi. Dalam pemilihan kata pun harus seefektif mungkin dan langsung mengena pada sasaran. Penguasaan materi juga harus dilakukan agar saat audiens bertanya kita dapat dengan cepat langsung menjawab.

Referensi :



0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman